UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2011

Yuliati Yosephani Makaombohe, Sifrid S. Pangemanan, Victorina Z. Tirayoh

Abstract


Bank merupakan lembaga perantara keuangan yang menghubungkan antara pihak yang kelebihan dana dengan pihak yang memerlukan dana. Bank diwajibkan memberikan laporan keuangan setiap periode tertentu.  Laporan keuangan bank merupakan sarana komunikasi bagi pihak-pihak diluar korporasi. Laporan rugi/laba adalah salah satu informasi potensial namun informasi laba tidak selamanya akurat. Informasi laba sering menjadi target rekayasa manajemen dengan cara memilih kebijakan akuntansi tertentu selama tidak menyimpang dari Standar Akuntansi Keuangan, tindakan ini disebut manajemen laba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Populasi penelitian 38 Perbankan dan sampel yang digunakan 10 Bank. Hasil penelitian diperoleh ukuran perusahaan berpengaruh signifikan negatif terhadap manajemen laba artinya semakin besar ukuran perusahaan maka perilaku manajemen laba semakin berkurang. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan dan pertimbangan bagi manajemen bank dalam pengambilan keputusan, terutama memberikan informasi laba kepada investor dan pemegang saham tanpa melakukan perilaku manajemen laba.

Kata kunci: ukuran perusahaan, manajemen laba


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.1.2014.4380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.