ALOKASI BIAYA BERSAMA DALAM MENENTUKAN LABA BRUTO PER PRODUK PADA UD. SINAR SAKTI MANADO

Rinna Moniaga, Agus T. Poputra, Sherly Pinatik

Abstract


Perusahaan dalam meningkatkan kegiatan usahanya perlu melakukan proses produksi yang memanfaatkan satu atau beberapa bahan baku utamanya untuk menghasilkan dua atau lebih jenis produk yang hampir sama tetapi dengan variasi yang berbeda. Perusahaan yang menghasilkan beberapa jenis produk perlu mengalokasikan biaya yang dianggap sebagai biaya bersama agar dapat diketahui harga pokok produksi masing-masing produk dengan menggunakan metode alokasi biaya bersama salah satunya metode nilai jual relatif atau harga pasar. Tujuannya  untuk mengetahui dan menganalisis alokasi biaya bersama dalam menentukan laba bruto per produk pada UD.Sinar Sakti Manado. Analisis terhadap alokasi biaya bersama digunakan dalam menentukan laba bruto per jenis produk yang menghasilkan lebih dari satu jenis produk sehingga perlu melakukan pengalokasian biaya bersama dengan metode nilai jual relatif atau harga pasar karena dengan metode ini perusahaan dapat menentukan berapa kontribusi laba yang dihasilkan dari masing-masing produk. Menghadapi persaingan yang semakin ketat maka perusahaan seharusnya memiliki strategi dalam meningkatkan usahanya dengan menggunakan metode yang dapat membantu perusahaan agar tetap bertahan. Perusahaan yang menghasilkan lebih dari satu jenis produk sebaiknya melakukan pengalokasian biaya bersama sehingga perusahaan dapat mengetahui laba yang dihasilkan oleh masing-masing produk.

Kata kunci: alokasi biaya, metode nilai jual, laba bruto


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.2.2014.4410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.