ANALISIS BIAYA KUALITAS DALAM MENINGKATKAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN PADA CV AKE ABADI MANADO

Nefriani Ester Sandag, Jantje Tinangon, Stanley Kho Walandouw

Abstract


Kualitas produk senantiasa harus diperhatikan perusahaan untuk dapat bertahan di tengah persaingan. Kualitas dapat diukur secara kuantitatif dan kualitatif. Mengukur kualitas secara kuantitatif memunculkan istilah biaya kualitas. Biaya kualitas pada CV Ake ternyata mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap profit perusahaan, dimana dengan mengalokasikan lebih besar biaya pada pengendalian dan penilaian akan mengurangi biaya kegagalan sehingga berdampak pada profit yang semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis biaya kualitas dalam meningkatkan profitabilitas pada CV Ake Abadi Manado. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dan menggunakan EBIT sebagai tolok ukur profitabilitas perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan dari tahun 2011 sampai 2013 total realisasi biaya kualitas khsusnya biaya pengendalian terus meningkat, untuk biaya kegagalan dari tahun 2011 sampai 2013 selalu menurun. Nilai EBIT sendiri cukup banyak dipengaruhi oleh besarnya biaya kualitas secara keseluruhan, dan perusahaan harus memberikan perhatian yang cukup besar terhadap alokasi biaya-biaya tersebut, karena hasil penelitian ini membuktikan bahwa biaya kualitas yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk yang berkualitas, memiliki efek yang cukup besar terhadap peningkatan profit dimasa yang akan datang. Manajemen sebaiknya lebih memperluas perbaikan mutu tidak hanya pada proses produksi, malainkan juga kepada aktivitas-aktivitas pemasaran, misalnya pada proses pengepakan, iklan, metode penjualan, distribusi dan pengiriman produk, harus dievaluasi dengan tujuan memperbaiki kualitas total dan layanan bagi para pelanggan.

Kata kunci: biaya kualitas, profitabilitas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.2.2014.4721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.