BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA PADA PT. HASJRAT ABADI MANADO

William Putra Imbar, Silvya L. Mandey, Agus Supandi Soegoto

Abstract


Globalisasi informasi dan pertumbuhan teknologi saat ini menyebabkan persaingan antar perusahaan otomotif menjadi semakin ketat. Produsen membuat konsumen lebih pintar memilih produk motor yang mereka beli. Produsen harus dapat menentukan bauran pemasaran yang tepat agar usahanya dapat bertahan dalam persaingan. Penyampaian produk kepada para pelanggan dan untuk mencapai tujuan perusahaan yang berupa penjualan produk yang optimal, maka kegiatan pemasaran dijadikan tolak ukur setiap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan tampilan fisik pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen yang menggunakan produk motor Yamaha di Kota Manado. Metode yang digunakan adalah asosiatif. Populasi penelitian jumlah pembeli rata-rata motor Yamaha tahun 2013 yaitu 1.333. Sampel yang digunakan 100 responden, dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Hasil analisis secara simultan produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan tampilan fisik berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan secara parsial proses tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Bagi pihak manajemen PT. Hasjrat Abadi Manado sebaiknya memperhatikan proses dalam transaksi para pelanggan, terutama melakukan perbaikan terhadap proses transaksi jual beli motor, sehingga dapat diharapkan meningkatkan keputusan pembelian motor Yamaha.

Kata kunci: bauran pemasaran jasa, keputusan pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.