ANALISIS MOTIVASI, PERSEPSI, PEMBELAJARAN, DAN SIKAP KONSUMEN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KFC BAHU MALL MANADO

Merna M. M. Tompunu

Abstract


Faktor psikologis yang dapat  mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk atau jasa antara lain motivasi konsumen untuk membeli, persepsi konsumen terhadap perusahaan yang mendorongnya untuk membeli, serta pembelajaran konsumen dalam menggunakan, mengkonsumsi serta memanfaatkan produk dan jasa perusahaan. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian KFC  Bahu Mall Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk KFC di Bahu Mall. Sampel dalam penelitian sebanyak 84 responden. Teknik pengambilan sampel purposif sampling. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan motivasi, persepsi, pembelajaran, serta sikap berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen baik secara parsial maupun simultan. Manajemen KFC sebaiknya memperhatikan psikologi, persepsi, pembelajaran, sikap konsumen, karena keempat variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di waralaba KFC Bahu Mall Manado.

 

Kata kunci: motivasi, persepsi, pembelajaran, sikap, keputusan pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.