ANALISIS GAYA HIDUP, KUALITAS PRDODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MATAHARI DEPARTMENT STORE MEGA TRADE CENTER MANADO

Gita Anggreiny Tampanatu, Bode Lumanauw, Willem JF. Alfa Tumbuan

Abstract


Kebutuhan konsumen saat ini sudah mengarah pada gaya hidup yang selanjutnya akan menentukan pilihan-pilihan terhadap suatu barang dan jasa kemudian akan menjadikan seseorang berubah menjadi konsumtif. Konsumen pada umumnya lebih menyukai produk-produk yang kreatif dan inovatif sehingga menuntut suatu perusahaan untuk mampu menciptakan suatu produk yang berbeda yang dapat dilihat dari segi bentuk dan fungsi produk tersebut.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, dan kualitas produk secara simultan maupun secara parsial terhadap keputusan pembelian sepatu di Matahari Department Store MTC Manado. Populasi penelitian ini adalah 2.605 konsumen pemakai sepatu dengan sampel 97. Metode pengambilan sampel secara teknik aksidental sampling dengan kriteria yaitu pelanggan sepatu di Matahari Department Store MTC Manado. Analisis data menggunakan regresi linear berganda, dengan uji hipotesis yaitu uji-F dan uji-t. hasil penelitian menunjukkan gaya hidup, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan baik secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian di Matahari Department Store MTC Manado. Manajemen perusahaan sebaiknya meningkatkan dan mempertahankan pencitraan produk yang dijual, sehingga sesuai dengan gaya hidup dari pembeli/konsumen.

 

Kata kunci: gaya hidup, kualitas produk, keputusan pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.