EVALUASI PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA KINERJA MANAJERIAL DI PT. TELKOM MANADO

Gabriela Emor, Jantje J. Tinangon, Victorina Z. Tirayoh

Abstract


Persaingan pada bisnis khususnya perusahaan dalam industri berbasis telekomunikasi, teknologi dan informasi sangat pesat dan ketat. Perusahaan memerlukan upaya perbaikan berkesinambungan terhadap kemampuan sumber daya manusia, proses, dan lingkungan untuk menghasilkan kualitas produk atau jasa yang terbaik. Cara terbaik untuk memperbaiki kemampuan komponen-komponen sumber daya manusia, proses, dan lingkungan tersebut secara berkesinambungan adalah dengan menerapkan Total Quality Management (TQM). TQM memberikan manfaat yaitu meningkatkan daya saing perusahaan. Konsep TQM merupakan konsep perbaikan terus-menerus yang diterapkan perusahaan di tiap-tiap level operasi. PT. Telkom dengan tujuan perusahaan menciptakan posisi terdepan dengan memperkokoh bisnis legacyi dan meningkatkan bisnis new wave untuk memperoleh 60% dari pendapatan industri pada tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Total Quality Management terhadap kinerja manajerial pada PT. Telkom Manado sudah diterapkan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan TQM sudah diterapkan di PT. Telkom Manado. Unsur-unsur TQM yang sudah diterapkan pada PT. Telkom Manado yaitu produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan. Sebaiknya manajemen selalu memperhatikan unsur-unsur TQM dan mempertahankan kinerja manajerial yang telah dicapai oleh perusahaan.

 

Kata kunci: evaluasi, total quality management, kinerja, manajerial


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.