PENGARUH IMAGE, HARGA, IKLAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PASTA GIGI PEPSODENT DI KOTA MANADO

Steven Edbert, Altje Tumbel, Willem Alfa Tumbuan

Abstract


Pasta gigi merupakan kebutuhan sehari-hari bagi setiap orang. Permintaan terhadap pasta gigi meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Pepsodent merupakan merek pasta gigi tertua di Indonesia dan sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Konsumen cenderung membeli produk yang memiliki image baik. Image tersebut terbentuk dari harga, iklan dan kualitas yang diketahui oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis image, harga, iklan, dan kualitas produkĀ  terhadap keputusan pembelian konsumen produk pasta gigi Pepsodent di kota Manado. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif yang didalamnya menjelaskan pengaruh antar variabel. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik dan hipotesis serta analisis linear berganda. Populasi penelitian ini adalah warga kelurahan Teling Atas dimana sampel yang digunakan sebanyak 105 responden, dengan menggunakan metode accidental sampling. Hasil analisis secara simultan menunjukkan bahwa image, harga, iklan, dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun image, harga, dan iklan tidak berpengaruh signifikan. Manajemen PT. Unilever sebaiknya tetap mempertahankan kualitas produk karena kualitas sangat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Kata kunci: image, harga, iklan, kualitas, keputusan pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.