BAURAN PROMOSI PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA DI PT. HASJRAT ABADI

Agustina M. Kaeng, Lisbeth Mananeke, Bode Lumanauw

Abstract


Menjamurnya dealer motor yang ada, hal ini membuat konsumen semakin selektif dalam menentukkan pilihannya, maka perusahaan harus menyusun strategi yang akurat, diantaranya adalahdengan meningkatkan penjualannya. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian motor Yamaha di PT. Hasjrat Abadi Cabang Paniki Bawah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dari populasi pengguna motor Yamaha sebanyak 1023 orang, dengan menggunakan metode accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik dan uji goodness of fit. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, penjualan pribadi dan hubungan masyarakat berpengaruh positif dan simultan terhadap keputusan pembelian.Secara parsial periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, penjualan pribadi dan hubungan masyarakat berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Manajemen perusahaan sebaiknya terus menyempurnakan dari kualitas produk secara keseluruhan dengan membuat inovasi-inovasi baru agar dapat meningkatkan penjualan sehingga dapat menentukan strategi pemasaran yang baik demi kemajuan perusahaan.

Kata kunci: periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.