PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN LISTRIK PINTAR PADA WILAYAH MANADO MALALAYANG 1

Erna Salindeho, Rotinsulu Jopie Jorie, Alfa Willem Tumbuan

Abstract


Perkembangan dunia bisnis kini semakin dinamis seiring dengan semakin meningkatnya permintaan masyarakat terhadap produk dan jasa untuk memenuhi segala kebutuhannya. PT. PLN (Persero) adalah  perusahan BUMN yang bergerak dibidang penyediaan jasa kelistrikan di Indonesia, salah satunya adalah PT. PLN (Persero) cabang Manado sebagai agen listrik yang bertugas untuk membangun kegiatan-kegiatan usaha yang berkaitan dengan kelistrikan, yang tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mendorong peningkatan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh promosi, harga dan kualitas layanan terhadap keputusan konsumen. Metode penelitian yang di gunakan asosiatif. Populasi penelitian ini berjumlah 703 pengguna dan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Variabel yang digunakan keputusan konsumen, promosi, harga dan kualitas layanan. Teknik analisis yang digunakan adalah regersi linier berganda. Hasil analisis menunjukan promosi, harga dan kualitas layanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan konsumen. Sedangkan analisis parsial menunjukan hanya untuk kualitas layanan yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen. Pihak PLN sebaiknya memperhatikan faktor harga karena berpengaruh terhadap keputusan konsumen.

Kata kunci: promosi, harga, kualitas layanan, keputusan konsumen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.