PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SEPEDA MOTOR MATIC MEREK YAMAHA MIO DI KOTA MANADO

Greg Joel, James D.D. Massie, Jantje L. Sepang

Abstract


Industri sepeda motor matic di Indonesia menunjukkan persaingan yang sangat ketat. Yang membuat para perusahaan otomotif saling bersaing untuk mendapatkan perhatian konsumen. Sebagai perusahaan besar seperti Yamaha yang selalu memberikan teroboson berlomba-lomba memberikan penawaran yang menarik sehingga dapat menciptakan sebuah perilaku konsumen yang nantinya dapat menimbulkan sebuah minat konsumen untuk membeli produknya. Semakin menarik produk yang ditawarkan semakin membuat konsumen tersebut dapat menentukan produk mana yang ingin dia beli,  dalam hal ini motivasi atau dorongan di tambah persepsi sebuah harga dan juga kualitas produk yang berkualitas maka dapat menimbulkan minat konsumen untuk membeli sebelum konsumen memutuskan untuk membeli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi, persepsi harga, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen sepeda motor matic merek Yamaha Mio di Kota Manado. Populasi  adalah para pembeli sepeda motor matic merek Yamaha Mio di Kota Manado dari Bulan November 2013 – April 2014, sampel menggunakan purposif sampling sehingga mendapat 80 responden. Hasil penelitian menunjukkan motivasi, persepsi harga, dan kualitas produk secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap minat beli konsumen di Kota Manado. Sebaiknya manajemen perusahaan  memperhatikan persepsi harga sehingga dapat meningkatkan volume penjualannya.

Kata kunci : motivasi, persepsi harga, kualitas produk, minat beli konsumen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.