KUALITAS PRODUK, STRATEGI HARGA, PROMOSI PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR HONDA PADA PT. NUSANTARA SURYA SAKTI MANADO

Meigy A.D. Woy, Silvya Mandey, Djurwaty Soepeno

Abstract


Persaingan dunia usaha dalam bidang penjualan motor semakin kompetitif yang berakibat setiap perusahan berusaha untuk menjadi pemenang dalam memasarkan produknya agar dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk tersebut. Keputusan pembelian merupakan kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan oleh penjual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, strategi harga, promosi baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian motor Honda pada PT. Nusantara Surya Sakti Manado. Jenis penelitian ini Asosiatif. Sampel yang digunakan sebanyak 70 responden dari populasi 208 pada tahun 2013 dengan menggunakan metode accidental sampling. Teknik analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk, strategi harga, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian namun secara parsial promosi berpengaruh namun tidak signifikan. Manajemen PT. Nusantara Surya Sakti cabang Manado, sebaiknya meningkatkan kualitas produk dengan cara  meningkatkan mutu produk yang dihasilkan serta mempertahankan strategi penetapan harga agar tetap bersaing dan dapat menarik minat pembeli.

Kata kunci: kualitas produk, strategi harga, promosi, keputusan pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.