ANALISIS KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA PT. HASJRAT ABADI MANADO

Brian Alfredo Kaligis, Joyce S.L.H.V. Lapian, Jacky S.B. Sumarauw

Abstract


Era globalisasi sekarang ini, semua bidang industri bersaing secara ketat dalam memperebutkan pasar. Dengan kondisi persaingan bisnis industri otomotif dari waktu ke waktu yang semakin ketat, perusahaan harus mampu membuat strategi pemasaran baru untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi. Syarat yang harus di penuhi sebuah perusahaan untuk dapat sukses dalam persaingan yaitu dengan menciptakan dan menyampaikan barang atau jasa yang sesuai keinginan konsumen dengan harga yang relatif  terjangkau oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan sikap konsumen pengaruhnya terhadap keputusan pembelian produk motor Yamaha pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Metode yang digunakan adalah asosiatif. Populasi penelitian jumlah rata-rata penjualan per bulan yaitu 1312. Sampel yang digunakan 93 responden, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil analisis secara simultan kualitas produk, harga, dan sikap konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Manajemen PT. Hasjrat Abadi Manado sebaiknya memperhatikan penetapan harga pada produk sepeda motor Yamaha, dengan menetapkan harga yang benar-benar sebanding dengan kualitas dan bisa terjangkau oleh semua kalangan masyarakat, sehingga dapat diharapkan meningkatkan keputusan pembelian motor Yamaha.

Kata kunci: kualitas produk, harga, sikap konsumen, keputusan pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.4.2014.6214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.