KUALITAS PELAYANAN DAN BAURAN PEMASARAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LOGAM MULIA PADA PT. PEGADAIAN CABANG MANADO TIMUR
Abstract
Investasi emas merupakan sebuah bentuk investasi yang sederhana. Karena investasi ini bisa dilakukan oleh siapa saja, terlepas mereka dari golongan berpendidikan ataupun bukan. Investasi emas baik itu berupa koin emas, emas batangan, ataupun perhiasan emas memiliki hasil yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan, derivatif, valuta asing, atau saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian logam mulia pada PT. Pegadaian Cabang Manado Timur. Metode analisis yang digunakan adalah metode asosiatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian adalah berjumlah 135 nasabah pembeli logam mulia di PT. Pegadaian Cabang Manado Timur dan sampel sebanyak 58 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan bauran pemasaran secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Sedangkan secara parsial, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara bauran pemasaran tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pimpinan PT. Pegadaian Cabang Manado Timur sebaiknya memperhatikan dan merancang kembali strategi bauran pemasaran yang baru agar dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian untuk meningkatkan volume penjualan.
Kata kunci: kualitas pelayanan, bauran pemasaran, keputusan pembelian
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.4.2014.6234
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.