BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN SISWA DALAM MEMILIH SEKOLAH DI SMK N 1 MANADO

Glendy Tangkilisan, Sem G. Oroh, Agus Supandi Soegoto

Abstract


Ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang menuntut masyarakat untuk melakukan perubahan mengikuti perkembangan pendidikan saat ini sehingga dapat mampu bersaing pada dunia kerja yang lebih kompeten. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jembatan bagi masyarakat untuk menuntut ilmu serta melatih kemampuan agar menjadi SDM yang berkualitas dibidangnya, SMK merupakan sekolah yang berorientasi pada dunia kerja dan salah satu tujuannya memberikan bekal siap kerja pada siswa sebagai tenaga kerja yang terampil tingkat menengah sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari produk, harga, lokasi, promosi, orang, sarana, dan proses terhadap keputusan siswa dalam memilih SMK Negeri 1 Manado sebagai tempat bersekolah. Metode penelitian adalah penelitian asosiatif, dengan teknik analisis Regresi linier berganda. Uji hipotesis yang digunakan uji F dan uji t. Penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai sampel dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan produk, harga, lokasi, promosi, orang, sarana, dan proses berpengaruh terhadap keputusan siswa, dimana pengaruh tersebut positif dan signifikan. Secara parsial produk dan people memiliki pengaruh positif dan signifikan, dan harga, lokasi, promosi, sarana, proses, mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap keputusan siswa.

Kata kunci: bauran pemasaran, jasa, pendidikan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.4.2014.6262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.