EKUITAS MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KENTUCKY FRIED CHICKEN MTC MANADO

Natasya Priskila Soriton, Bode Lumanauw, Lucky O. H. Dotulong

Abstract


Keputusan konsumen mencerminkan penilaian seseorang tentang kinerja produk dalam kaitannya dengan ekspektasi. Kebutuhan dan keinginan yang terpenuhi serta kualitas jasanya sangat menentukan keputusan konsumen. Jika konsumen merasa puas akan suatu produk dan pelayanan yang diberikan maka konsumen memberikan keputusan untuk membeli kembali produk itu. Jika sebaliknya, produk dan layanan  itu tidak sesuai harapan, maka konsumen cenderung tidak tertarik lagi. Perusahaan berusaha untuk membangun citra dan memberikan pelayanan yang berkualitas dan memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Kentucky Fried Chicken (KFC) MTC Manado. Metode analisis yang digunakan adalah metode asosiatif. Populasi penelitian diambil dari rata-rata transaksi konsumen per hari yaitu 465. Sampel yang digunakan 83 responden, dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Hasil analisis menunjukan ekuitas merek dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara parsial kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pihak manajemen KFC MTC Manado perlu memfokuskan pada peningkatan tingkat pembelian dengan mengetahui keputusan pembelian konsumen serta faktor-faktor dari keputusan pembelian konsumen tersebut agar konsumen tidak berpindah pada penyedia layanan lain.

Kata kunci: ekuitas merek, kualitas pelayanan, keputusan pembelian.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.4.2014.6362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.