PERIKLANAN, PENJUALAN PRIBADI, PROMOSI PENJUALAN, DAN PUBLISITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENERBIT ANDI CABANG MANADO

Nency M. N. Togas, Jantje L. Sepang, Rudy S. Wenas

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekonologi yang pesat saat ini, menuntut masyarakat untuk harus mengikuti akan kemajuan yang ada dan berkembang saat ini. Keinginan masyarakat untuk membaca pun semakin besar, sehingga banyak perusahaan percetakan berusaha sebaik mungkin untuk dapat memuaskan kebutuhan masyarakat dalam membaca. Setiap perusahaan pun dituntut untuk mampu bersaing dan mengatur strategi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bauran promosi yakni periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan publisitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada penerbit Andi cabang Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan penerbit Andi cabang Manado. Sampel yang diambil adalah 100 responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian kontribusi secara simultan dari periklanan, penjualan perorangan, promosi penjualan, publisitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, publisitas pun berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Untuk meningkatkan keputusan pembelian sebaiknya pimpinan penerbit Andi cabang Manado,  meningkatkan dan memfokuskan strategi pemasaran perusahaan mereka pada strategi bauran promosi seperti periklanan (advertising), penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan, publisitas (publicity).

Kata kunci: periklanan, penjualan pribadi, promosi,  keputusan pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.4.2014.6372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.