KUALITAS PELAYANAN DAN SERVICESCAPE PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KENTUCKY FRIED CHICKEN MULTIMART RANOTANA MANADO

Mirna Masloman, Bode Lumanauw, Irvan Trang

Abstract


Kepuasan konsumen mencerminkan penilaian seseorang tentang kinerja produk dalam kaitannya dengan ekspektasi. Servicescape berarti layanan berdasarkan lingkungan fisik atau memberikan layanan yang dikhususkan pada kepuasan pancaindera konsumen baik melalui penglihatan, penciuman, pendengaran. Disini, perusahaan tertantang untuk membangun citra dan memberikan pelayanan yang berkualitas dan memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan servicescape terhadap keputusan pembelian pada Kentucky Fried Chicken (KFC) di Multimart Ranotana Manado. Metode analisis yang digunakan adalah metode asosiatif dengan teknik analisis Regresi Linier Berganda serta Uji Asumsi Klasik. Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata konsumen yang membeli selama satu hari yaitu sebanyak 400 konsumen dan sampel sebanyak 100 orang responden. Hasil analisis menunjukan baik secara simultan dan parsial kualitas layanan dan servicescape memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial kualitas layanan serta servicescape memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen. Pihak manajemen KFC Multimart Ranotana perlu terus menerus meningkatkan kepuasan konsumen agar dapat meningkatkan daya saing perusahaan baik dengan KFC yang lain di Manado atau di Indonesia serta daya saing dengan perusahaan waralaba lainnya baik yang sudah ada di Indonesia maupun para pendatang baru.

Kata kunci: kualitas pelayanan, servicescape, kepuasan konsumen.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.4.2014.6373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.