POTONGAN HARGA DAN SERVICESCAPE PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN ANAK PADA MATAHARI MEGAMAS MANADO
Abstract
Industri ritel merupakan industri kedua tertinggi dalam penyerapan tenaga kerja Indonesia setelah industri pertanian. Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 237 juta jiwa dengan total konsumsi sekitar Rp. 3.600 triliun merupakan pasar potensial bagi bisnis ritel modern. Semakin maraknya ritel modern tentu saja menimbulkan persaingan sesama ritel modern tersebut. Salah satu industri ritel adalah industri di bidang fashion atau dikenal sebagai bisnis department store. Perlu diketahui beberapa faktor yang dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian unuk meningkatkan pertumbuhan di departemen store. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh potongan harga, dan servicescape secara simultan dan secara parsial terhadap keputusan pembelian pakaian anak di Matahari Megamas. Metode Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda untuk untuk uji hipotesis dengan uji t dan uji F. Populasi penelitian ini adalah konsumen Matahari Departement Store. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling, sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potongan harga dan servicescape ditemukan berpengaruh baik secara simultan maupun secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen yang berbelanja pakaian anak di Matahari Megamas. Manajemen Matahari Megamas sebaiknya memperhatikan hasil penelitian ini dengan meningkatkan promosi harga seperti discount dan vouchers, sehingga diharapkan dapat meningkatkan keinginan dan keputusan pembelian
Kata kunci: potongan harga, servicescape, keputusan pembelian.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.4.2014.6438
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.