MOTIVASI DAN PERSEPSI KONSUMEN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KFC MEGAMALL MANADO

Ardy F. Mantik, Lisbeth Mananeke, Hendra Tawas

Abstract


Satu perangkat proses psikologis berkombinasi dengan karakteristik konsumen tertentu akan menghasilkan proses keputusan pembelian. Proses psikologis tersebut ada empat, dua diantaranya adalah motivasi dan persepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Motivasi Konsumen dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di PT. Fast Food Indonesia Tbk (KFC) Cabang Megamall Manado. Penelitian ini menggunakan Teknik Analisis Regresi Linear Berganda, Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Motivasi Konsumen dan Persepsi Konsumen yang dihipotesiskan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial faktor motivasi dan konsumen terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan survey, dengan metode penelitian asotiatif. Sampel berjumlah 100 orang dengan metode Purposive Sampel. Instrumen kuesioner digunakan sebagai pengumpul data. Pengujian validitas dan reliabilitas atas indikator-indikator dan konsep variabel. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh motivasi dan persepsi secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Manajemen restoran KFC Cabang Megamall Manado sebaiknya memperhatikan perilaku konsumen yang selalu berubah setiap saat. Selain itu, manajemen KFC sebaiknya meningkatkan persepsi konsumen terhadap produk yang dapat dilakukan dengan meningkatkan promosi dan kegiatan pemasaran lainnya.

Kata kunci : motivasi konsumen, persepsi konsumen, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.7117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.