ANALISIS LAYANAN FISKUS TERHADAP SURAT PEMBERITAHUAN WAJIB PAJAK KOTA TOMOHON

Randy Kapoh

Abstract


Abstrak: Tidak semua wajib pajak taat dan patuh terhadap semua peraturan perpajakan, khususnya pada kegiatan pembayaran pajak. Faktor yang mempengaruhi kesadaran membayar pajak adalah adanya pelayanan fiskus yang berkualitas. Fiskus yang berkualitas adalah fiskus yang memberi informasi yang akurat tentang hal-hal yang berkaitan dengan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Layanan fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak kota Tomohon, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian dari 5 Indikator Variabel Fiskus menunjukan aparat pajak dituntut untuk memberikan pelayanan yang ramah, adil, dan tegas setiap saat kepada wajib pajak serta dapat memupuk kesadaran masyarakat tentang tanggung jawab membayar pajak. Wajib pajak dapat mengenal pajak dari pelayanan yang diberikan oleh aparat pajak. Sebaiknya pihak fiskus memiliki kompetensi atau keahlian, pengetahuan dan pengalaman dalam perpajakan, administrasi dan perundang-undangan. Sebaiknya pimpinan kantor pelayanan pajak Pratama kota Tomohon melakukan perluasan tempat pelayanan terpadu untuk  memudahkan pengawasan terhadap proses proses pelayanan yang diberikan kepada wajib pajak

Kata kunci: layanan fiskus,  kepatuhan wajib pajak.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.7557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.