ANALISIS STRATEGI HARGA, DIFERENSIASI PRODUK, KUALITAS PRODUK, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PT. COLUMBIA PERDANA MANADO

Jhon Robert Maneking, Bode Lumanauw

Abstract


Kebutuhan yang terus meningkat dan pesatnya perkembangan teknologi di era globalisasi, dan persaingan yang semakin ketat membuat perusahaan menciptakan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beraneka ragam. Oleh karena itu perusahaan menjual produknya dengan harga yang relatif tinggi. Namun dilain pihak tidak semua konsumen dapat membeli produk yang ditawarkan perusahaan secara tunai dikarenakan tingkat pendapatan setiap konsumen berbeda. Maka ada beberapa perusahaan mencari alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu cara yaitu menjalankan penjualan angsuran atau kredit. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh strategi harga, diferensiasi produk, kualitas produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen baik secara simultan dan parsial. Jenis penelitian yang digunakan asosiatif. Sampel ditentukan berdasarkan rumus Slovin, sebanyak 91 dari 962 populasi. Alat analisis digunakan Regresi Linier Berganda, uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan strategi harga, diferensiasi produk, kualitas produk dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial strategi harga, diferensiasi produk dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sementara lokasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaiknya manajemen PT. Columbia Perdana lebih memperhatikan strategi harga, diferensiasi produk, dan kualitas produk untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

 

Kata kunci: strategi harga, diferensiasi produk, kualitas, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.7941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.