ANALISIS PROFITABILITAS, KEBIJAKAN HUTANG DAN PRICE EARNING RATIO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN RETAIL TRADE YANG TERDAFTAR DI BURSA EEK INDONESIA

Priscilia Gizela Frederik, Sientje C. Nangoy

Abstract


Era global saat ini, perusahaan berusaha untuk memproduksi barang berkualitas tinggi dengan biaya rendah dalam rangka meningkatkan daya saing baik dipasar domestik maupun global. Industri ritel di Indonesia semakin berkembang dengan banyaknya pembangunan gerai-gerai baru diberbagai tempat. Makin terkendalinya laju inflasi, ekonomi Indonesia dapat menguat dimasa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, kebijakan hutang dan price earning ratio baik secara simultan maupun secara parsial terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian adalah perusahaan retail trade yang terdaftar di BEI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Dari 22 perusahaan hanya diambil 12 perusahaan retail. Alat analisis yang digunakan Regresi Linier Berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan secara simultan profitabilitas, kebijakan hutang dan price earning ratio berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial profitabilitas dan kebijakan hutang berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sementara price earning ratio tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sebaiknya manajemen meningkatkan price earning ratio karena merupakan ukuran kemampuan untuk menghasilkan laba masa depan dari perusahaan.

Kata kunci: profitabilitas, kebijakan hutang, price earning ratio, nilai perusahaan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.8283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.