ANALISIS BRANDING STRATEGY, SERVICESCAPE DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DEALER YAMAHA AIRMADIDI

Brilian Rori, Sem G. Oroh, Sendry Loindong

Abstract


Perubahan sosial ekonomi di era globalisasi sekarang ini banyak tantangan tidak dapat dihindarkan oleh dunia bisnis otomotif yang semakin berkembang saat ini, karena setiap perusahaan senantiasa berusaha untuk dapat meningkatkan pangsa pasar dan meraih konsumen baru. Pada dasarnya dengan semakin banyaknya pesaing maka semakin banyak pula pilihan bagi pelanggan untuk dapat memilih produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Penjualan sepeda motor Yamaha di bulan Agustus dan November terjadi penurunan akibatnya terjadi fase pertumbuhan yang tidak menentu. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Branding Strategy, Servicescape dan Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 349 pembeli motor dan sampel berjumlah 78 responden yang ditarik melalui teknik sampel Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara simultan variabel Servicescape dan Personal Selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Secara parsial variabel branding strategy berpengaruh positif namum tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Mengingat Servicescape dan Personal Selling memiliki pengaruh positif yang signifikan serta memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap Keputusan Pembelian. Maka pihak diDealer Yamaha Airmadidi sebaiknya lebih memperhatikan faktor Servicescape dan Personal Selling.

Kata kunci: branding strategy, servicescape, personal selling, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.2.2015.8350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.