ATRIBUT PRODUK, CITRA MEREK, DAN STRATEGI PROMOSI PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR DI DEALER YAMAHA RANOTANA

Rosalia Onsu, Hendra Tawas, Lisbeth Repi

Abstract


Pemasaran merupakan suatu program untuk memasarkan atau mengenalkan produk yang siap akan diperjualbelikan kepada konsumen untuk mencapai keuntungan sesuai tujuan perusahaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan  maupun  parsial dari Atribut Produk, Citra Merek, Strategi Promosi terhadap keputusan pembelian motor Yamaha di Manado. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif  dengan teknik survey dan analisis statistik. Populasi 579 konsumen sampel 85 responden. Lokasi penelitian pada dealer sepeda motor Yamaha di Ranotana Kota Manado, berbentuk wawancara dan penyebaran angket. Sumber data adalah data primer. Analisis data yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, Regresi Berganda, serta uji hipotesis yaitu uji F dan uji t. Hasil uji hipotesis, ditemukan: Atribut Produk, Citra Merek, dan Strategi Promosi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil uji hipotesis yaitu uji t, ditemukan atribut produk dan citra merek, tidak berpengaruh signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian. Hasil uji hipotesis uji t ditemukan bahwa strategi promosi merupakan satu-satunya variabel yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaiknya manajemen Dealer Yamaha Ranotana  memfokuskan pada strategi promosi agar dapat meningkatkan pembelian konsumen dan volume penjualan perusahaan.

Kata kunci: atribut produk, citra merek, strategi promosi, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.2.2015.8904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.