PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN HOTEL BALIEM PILAMO DI WAMENA

Sarah Maryan Chandra, Maria V. J. Tielung

Abstract


Pertumbuhan hotel di Indonesia meningkat setiap tahun, hal ini didorong meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan di Indonesia. Akibatnya saat ini persaingan dibidang perhotelan, menjadi semakin ketat, terutama  untuk memperoleh pelanggan sehingga dapat memenuhi target Occupancy Rate, dan laba usaha.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Lokasi Terhadap Keputusan Menggunakan Hotel Baliem Pilamo di Wamena. Hotel Baliem Pilamo berdiri  14 september1990, dengan jumlah kamar sebanyak 17, dan saat ini telah berjumlah 87 kamar, dilengkapi restaurant dan fasilitas lainnya. Metode penelitian asosiatif, tehnik pengambilan data menggunakan survey, dan analisis data menggunakan Regresi Berganda, Uji F dan Uji t. Populasi penelitian para konsumen yang menginap di Hotel Baliem Pilamo di Wamena sebanyak 1367 orang dan sampel  94 Responden.  Hasil penelitian menunjukkan Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Lokasi secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Konsumen menggunakan jasa hotel. Secara parsial Kualitas Pelayanan dan Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap Keputusan Konsumen menggunakan jasa hotel, sedangkan Promosi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Keputusan Konsumen menggunakan jasa hotel.  Manajemen hotel sebaiknya meningkatkan Promosi, agar konsumen menjadi lebih tertarik menggunakan jasa hotel Baliem Pilamo.

 

Kata kunci : kualitas pelayanan, promosi, lokasi, keputusan konsumen, hotel


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.9771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.