Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Perbankan Konvensional di Indonesia
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan yang terdiri dari Profitabilitas (X1), Komposisi Dewan Komisaris(X2), Ukuran Perusahaan (X3) dan Umur Perusahaan (X4) terhadap variabel dependen Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan tahunan dan laporan berkelanjutan. Sampel yang digunakan sebanyak 142 tahun perusahaan dari populasi 165 tahun ini diambil dari 33 perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profitabilitas, Komposisi Dewan Komisaris dan Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility, sedangkan Umur Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Nilai koefisien determinasi masing-masing variabel adalah sebagai berikut Profitabilitas 0.576, Komposisi Dewan Komisaris 0,621, Ukuran Perusahaan 0,071 dan Umur Perusahaan 0,004.
Kata Kunci: Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Komposisi Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35800/jjs.v8i2.18631
Refbacks
- There are currently no refbacks.
All articles in Accountability Journal are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.