EFEKTIVITAS ROLLING PEJABAT DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMERINTAH KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA
Abstract
Kualitas pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara mempunyai kaitan langsung dengan proses pengangkatan dan penempatan yang dilakukan pada awal seseorang menduduki jabatan tertentu.
Pengangkatan dan penempatan pegawai yang tidak sesuai dengan kebutuhan akan menimbulkan pemborosan (inefisiensi dan inefektivitas) di sana-sini. Oleh karena itu proses pengangkatan dan penempatan perlu menjadi perhatian semua pihak, terutama pengambil kebijakan agar dalam menjalankan rencana kerja Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara terjadi efisiensi dan efektifitas kerja.
Pelaksanaan pengangkatan pegawai dalam jabatan struktural dalam prakteknya sering tidak sesuai dengan peraturan. Hal inilah yang sering menimbulkan masalah kepegawaian antara lain rasa tidak senang dengan pejabat yang diangkat karena merasa pengangkatan tersebut tidak adil. Rasa tidak senang ini sering kali berakibat menurunnya tingkat kerja sama dengan pejabat yang bersangkutan sehingga akhirnya pekerjaan yang menjadi tanggung jawab bersama antara pegawai yang bersangkutan dengan pejabat tersebut menjadi kurang baik hasilnya. Selain itu sering ada rasa kurang puas dari pegawai yang lain yang akhirnya berakibat pada menurunnya prestasi kerja karyawan.
Sangat menarik untuk mengkaji lebih jauh persoalan Rolling Pejabat terutama efektivitasnya dalam meningkatkan kinerja pemerintah dalam hal ini penulis akan mengambil lokasi pengkajian di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
(Key Words : Efektivitas, Rolling Pejabat, Kinerja)Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Us:
Program Studi Ilmu Pemerintahan
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Sam Ratulangi
d/a. Gedung C Lt. 2 FISPOL - UNSRAT
Jl. Kampus Unsrat, Bahu Kec. Malalayang Kota Manado
Hp. 08124470355