Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Kumelembuai Kabupaten Minahasa Selatan Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Kumelembuai Kabupaten Minahasa Selatan di masa Pandemi COVID-19. Pelayanan publik adalah melakukan sebuah pelayanan sehingga pelayanan publik oleh pemerintah kepada masyarakat dapat dilakukan dengan baik dan tepat. Esensi Pemerintah dalam suatu wilayah adalah untuk memberikan pelayanan kepada Masyarakat, karena pada hakekatnya Pemerintah adalah “Public service”. Dengan kata lain Pemerintah sebagai pelayanan publik dituntut untuk berkinerja dengan baik. Pemerintah mempunyai peranan penting untuk menyediakan layanan publik yang prima bagi semua penduduknya sesuai yang diamanatkan dalam undang-undang. Kualitas pelayanan public di Indonesia terpengaruh akibat pandemic covid-19 dengan segala dampak yang terjadi di masyarakat tak terkecuali di Kecamatan Kumelembuai Kabupaten Minahasa Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Focus penelitian ini berdasarkan konsep Zeitham1 dkk. (1990; 58-60), Kualitas pelayanan dapat diukur dari lima indikator .Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih rendahnya kualitas pelayanan yang dilakukan di kecamatan Kumelembuai disebabkan karena pada pandemi covid-19 pegawai yang datang bekerja langsung di kantor kecamatan dibatasi karena diberlakukannya WFH (work from home) dan WFO (work from office).
Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Publik, Covid-19
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Us:
Program Studi Ilmu Pemerintahan
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Sam Ratulangi
d/a. Gedung C Lt. 2 FISPOL - UNSRAT
Jl. Kampus Unsrat, Bahu Kec. Malalayang Kota Manado
Hp. 08124470355