Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Kumelembuai Kabupaten Minahasa Selatan Di Masa Pandemi Covid-19

Johan Liow, Sarah Sambiran, Fanley N Pangemanan

Abstract


Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Kumelembuai Kabupaten Minahasa Selatan di masa Pandemi COVID-19. Pelayanan publik adalah melakukan sebuah pelayanan sehingga pelayanan publik oleh pemerintah kepada masyarakat dapat dilakukan dengan baik dan tepat. Esensi Pemerintah dalam suatu wilayah adalah untuk memberikan pelayanan kepada Masyarakat, karena pada hakekatnya Pemerintah adalah “Public service”. Dengan kata lain Pemerintah sebagai pelayanan publik dituntut untuk berkinerja dengan baik. Pemerintah mempunyai peranan penting untuk menyediakan layanan publik yang prima bagi semua penduduknya sesuai yang diamanatkan dalam undang-undang. Kualitas pelayanan public di Indonesia terpengaruh akibat pandemic covid-19 dengan segala dampak yang terjadi di masyarakat tak terkecuali di Kecamatan Kumelembuai Kabupaten Minahasa Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Focus penelitian ini berdasarkan konsep Zeitham1 dkk. (1990; 58-60), Kualitas pelayanan dapat diukur dari lima indikator .Hasil penelitian menunjukkan bahwa           masih rendahnya kualitas pelayanan yang dilakukan di kecamatan Kumelembuai disebabkan karena pada pandemi covid-19 pegawai yang datang bekerja langsung di kantor kecamatan dibatasi karena diberlakukannya WFH (work from home) dan WFO (work from office).

 

 

Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Publik, Covid-19

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Us:

Program Studi Ilmu Pemerintahan

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Universitas Sam Ratulangi

d/a. Gedung C Lt. 2 FISPOL - UNSRAT

Jl. Kampus Unsrat, Bahu Kec. Malalayang Kota Manado

Hp. 08124470355