Penerapan Augmented Reality 3 Dimensi Berbasis Android Untuk Menentukan Letak Perabot Dalam Rumah

Roland T Lolowang, Arie S. M. Lumenta, Muhamad Putro

Abstract


Perabot merupakan bagian yang ada dalam rumah, dengan adanya perabot orang dapat merasa nyaman berada dalam rumah. Dalam mengatur perabot dalam rumah harus memindahkan suatu perabot dari suatu tempat ke tempat lain, ini membuat waktu dan tenaga terkuras. Berdasarkan masalah tersebut peneliti membuat sebuah sistem yang menggunakan Augmented Reality dengan platform Android. Augmented Reality sendiri merupakan teknologi yang menggabungkan objek maya dengan objek nyata ke dalam suatu lingkungan nyata secara real-time. Augmented Reality (AR) adalah penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata dan terdapat integrasi antar benda dalam iga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata. Dengan menerapkan Augmented Reality pada Android kita dapat melihat perabot yang ingin dipindahkan pada layar Android, maka akan membantu untuk menentukan posisi perabot. Dalam hasil penelitian ini terdapat 14 perabot yang dapan di scan, masing-masing perabot tersebut memiliki 3 warna.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35793/jti.11.1.2017.16921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by  Informatics Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado, p-ISSN : 2301-8364 dan e-ISSN : 2685-6131