Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia
Abstract
Budaya atau kebudayaan diartikan sebagai suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Indonesia memiliki banyak budaya yang kita kenal disekitar kita, mulai dari makanan tradisional, rumah tradisional, senjata tradisional, tarian tradisional, lagu tradisional, peninggalan budaya dan masih banyak lagi. Seiring dengan perkembangan zaman, kebudayaan yang ada di Indonesia pada saat ini secara perlahan mulai terlupakan, Hal ini terjadi karena begitu banyak kebudayaan asing yang masuk dan dengan mudah diterima oleh masyarakat, Terutama banyak diantaranya anak anak dan kaum muda lebih menyukai budaya asing dari pada budaya tanah air. Dengan adanya masalah tersebut Penulis Merancang dan Membangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia untuk media pembelajaran yang menarik dan bermanfaat untuk anak. Penelitian kali ini, Penulis menggunakan Macromedia Director Mx 2004 dalam membuat Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia untuk media permainan dan pembelajaran. Dalam Penelitian ini, Penulis menggunakan metodologi Waterfall dalam pembuatan aplikasi. Aplikasi ini Untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia tentang makanan tradisional, rumah tradisional, senjata tradisional, tarian tradisional dan lagu tradisional. Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia menjadi sarana untuk permainan dan pembelajaran kepada anak-anak dengan cara yang mudah dan menarik.
Kata kunci : Game, Edukasi, Ragam Budaya Indonesia, Macromedia Director.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35793/jti.12.1.2017.17793
Refbacks
- There are currently no refbacks.