Virtual Tour Sebagai Media Promosi Interaktif Penginapan Di Kepulauan Bunaken
Abstract
Abstrak – Indonesia memiliki banyak tempat potensi wisata, salah satunya adalah yang ada di Manado Sulawesi utara.
Cottage-cottage memegang peran penting dalam bidang pariwisata karena meyediakan fasilitas dan pelayanan penginapan, makanan, dan minuman serta jasa-jasa lainnya. Sejalan dengan perkembangan jaman, cottage sudah berkembang ke pemenuhan kebutuhan lainnya seperti terapi hiburan dan kelengkapan alat – alat diving. Masih banyak wisatawan mancanegara yang belum mengetahui di mana lokasi-lokasi penginapan tersebut, dan lebih buruknya lagi kita wisatawan lokal atau masyarakat Sulawesi utara yang tidak mengetahui ataupun belum pernah berkunjung ke Taman Nasional Bunaken, di sebabkan karena kurang media informasi dan promosi, media informasi dan promosi yang di berikan berupa website, brosur dan media cetak lainnya hanya menggunakan gambar diam. Meskipun sudah banyak regulasi dan kebijakan pemerintah yang memayungi kepariwisataan, namun ini masih belum cukup untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Untuk itu perlu adanya implementasi virtual tour media promosi tentang Cottage-cottage di kepulauan bunaken. Pengembangan sistem penelitian ini menggunakan metode pengembangan Luther-Sutopo, yang melalui beberapa tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Melalui penulisan ini juga kita dapat melihat, proses penggabungan beberapa gambar menjadi satu gambar panorama 360 derajat. Dalam aplikasi ini pengguna seolah-olah berada di lokasi penginapan dan dapat melihat seluruh titik lokasi penginapan yang ada di kepulauan bunaken dengan sudut pandang 360⁰. Dari hasil aplikasi virtual tour media promosi penginapan di kepulauan bunaken ini menghasilkan berkas HTML5, kapasitas 200 MB, dan berbasis online.
Kata Kunci : Interaktif, Virtual Tour 360⁰, Cottage-Cottage, Promosi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20188
Refbacks
- There are currently no refbacks.