Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Satwa Langka di Indonesia Menggunakan Augmented Reality

Christian O. Karundeng, Dringhuzen J. Mamahit, Brave A. Sugiarso

Abstract


Abstrak - Augmented Reality merupakan suatu teknologi yang
dapat dimanfaatkan dalam pengembangan aplikasi saat ini,
dengan adanya Augmented Reality pengguna akan mendapatkan
bentuk visual 3D suatu objek sehingga informasi yang
terkandung dalam aplikasi dapat diserap dengan baik. Indonesia
terkenal akan keanekaragaman satwa yang tersebar di pulaupulau di Indonesia, namun sebab kurangnya media untuk
memperkenalkan satwa langka di Indonesia menjadikan satwa
langka yang ada tidak dikenal sehingga rentan akan perburuan
sehingga terancam punah. Tujuan penelitian ini adalah untuk
membangun sebuah aplikasi Smartphone berbasis Android yang
memperkenalkan satwa langka yang ada di Indonesia. Aplikasi
ini diberi nama "Aria". Aplikasi ini menggunakan Augmented
Reality dengan metode Markerless Augmented Reality menjadikan
aplikasi ini mudah digunakan dimana saja. Aplikasi ini berbasis
Android. Metode perancangan yang digunakan adalah MDLC
(Multimedia Development Life Cycle) yang terbagi dalam 6 tahap,
yaitu : Concept, Design, Material collecting, Assembly, Testing,
dan Distribution. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software
yang open source (terbuka), yaitu Blender dan Unity yang
digunakan untuk pembuatan objek 3 dimensi satwa langka
beserta animasi dan pembuatan aplikasi berbasis Android. Dalam
penelitian dapat diketahui bahwa Augmented Reality dapat
digunakan sebagai media pengenalan satwa langka di Indonesia,
diharapkan aplikasi ini selanjutnya bisa dikembangkan untuk
berbagai platform juga dapat memuat informasi tentang seluruh
satwa langka yang ada di Indonesia.
Kata kunci - Augmented Reality, Android, Blender, MDLC,
Satwa Langka, Unity3D.
Abstract - Augmented Reality is a technology that can be utilized
in the development of applications today, with the Augmented
Reality users will get a 3D visual form of an object so that the
information contained in the application can be absorbed
properly. Indonesia is famous for the diversity of animals spread
across the islands of Indonesia, but because of the lack of media to
introduce endangered species in Indonesia rare animals that are
not known so vulnerable to hunting so endangered. The purpose
of this study is to build an Android-based Smartphone application
that introduces endangered species in Indonesia. This app is
named "Aria". This application using Augmented Reality with
Markerless Augmented Reality method makes this application
easy to use anywhere. This app is Android based. Design method
used is MDLC (Multimedia Development Life Cycle) which is
divided into 6 stages, namely: Concept, Design, Material
Collecting, Assembly, Testing, and Distribution. Making this
application using open source software, namely Blender and
Unity are used to create 3-dimensional objects of rare animals
and animation and manufacture of Android-based applications.
In the research can be known that Augmented Reality can be
used as a medium of introduction of endangered species in
Indonesia, this application is expected to be developed for various
platforms can also contain information about all the rare animals
in Indonesia.
Keywords - Augmented Reality, Android, Blender, MDLC,
Satwa Langka, Unity3D.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by  Informatics Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado, p-ISSN : 2301-8364 dan e-ISSN : 2685-6131