Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Unsur Dan Senyawa Kimia
Abstract
Abstrak – Ilmu kimia merupakan suatu dari sekian banyak ilmu pengetahuan alam yang mempunyai cabang-cabang ilmu pengetahuan yang sangat kompleks, hal utama yang mendasari cabang-cabang ilmu kimia tersebut yaitu adanya unsur-unsur kimia yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Perlajaran ilmu kimia pertama kali dipelajari saat masuk Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas 10, pembelajaran saat ini yang masih terpaku dari buku dan materi-materi yang diberikan guru kurang interaktif biasanya siswa sulit untuk memahami materi yang diberikan. Berdasarkan hasil kuesioner tanya jawab pada 60 responden yang sudah berhasil menjawab dengan benar sebanyak 49% sedangan kan yang menjawab salah sebanyak 51%. Berdasarkan hasil kuesioner maka dibuatlah aplikasi game pembelajaran untuk memperkenalkan unsur dan senyawa kimia yang dijalankan pada platform android. Metode perancangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Setelah mendistribusikan aplikasi kepada pengguna telah terjadi peningkatan pengetahuan mengenai unsur dan senyawa kimia.
Kata kunci — Game; Game Edukasi; Kimia; Multimedia Development Life Cycle; Senyawa; Unsur.
Abstract – Chemistry is one of the many natural sciences which have very complex branches of science, the main thing that underlies the branches of chemistry is the presence of chemical elements found in everyday life. Chemistry lessons were first studied when entering 10th grade high school, current learning that is still fixated on books and materials provided by less interactive teachers is usually difficult for students to understand the material provided. Based on the results of the question and answer questionnaire on 60 respondents who had succeeded in correctly answering as many as 49% while those who answered incorrectly were 51%. Based on the results of the questionnaire, a learning game application was created to introduce elements and chemical compounds that are run on the android platform. The design method used is Multimedia Development Life Cycle (MDLC). After distributing applications to users there has been an increase in knowledge about chemical elements and compounds..
Keywords — Chemistr; Compounds; Educational Games; Elements; Games; Multimedia Development Life Cycle.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35793/jti.14.1.2019.23838
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.