Pengembangan Aplikasi Tata Cara Wudhu Menggunakan Metode Markerless Augmented Reality
Abstract
Abstrak — Rukun Islam merupakan hal-hal yang wajib dilakukan bagi seorang muslim. Salah satunya adalah sholat. Dalam mengerjakan sholat, terdapat syarat sah yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah berwudhu. Pembelajaran berwudhu yang baik dan benar tentu harus dilakukan oleh setiap kaum muslimin. Namun media pembelajaran tata cara berwudhu saat ini belum dapat mengikuti perkembangan teknologi terkini. Maka dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang dapat menarik minat orang-orang untuk mempelajari tata cara berwudhu yang baik dan benar. Media Pembelajaran tersebut ialah aplikasi tata cara wudhu dengan menggunakan teknologi augmented reality. Aplikasi ini dihasilkan dengan menggunakan metode penelitian Multimedia Development Life Cycle (MDLC).
Kata kunci: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Multimedia Development Life Cycle, Sholat, Wudhu
Abstract —The Five Pillars of Islam (Rukun Islam) are five basic and mandatory acts for a Muslim, and one of the five acts is salah. In practicing salah, there are several conditions that has to be fulfilled. One of the methods to do the ritual purification is called Wudu. The understanding and proper practice of wudu is obligatory for every Muslims. However, there is a limited number of learning media of wudu procedures, and the sources have not been able to keep up with the technology development. Consequently, there is a high need to develop a learning media that can attract people’s interests to learn wudu procedures, which is realized in the form of an augmented reality application. The application was created by using Multimedia Development Life Cycle (MDLC) research method.
Kweywords: Augmented Reality, Learning Media, Multimedia Development Life Cycle, Salah, Wudu
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35793/jti.14.2.2019.23991
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.