Pengenalan Alat Musik Bambu Menggunakan Augmented Reality 3 Dimensi

Dwi A. Kurniawan, Brave A. Sugiarso, Xaverius B.N. Najoan

Abstract


Abstrak Musik bambu merupakan salah satu budaya indonesia yang unik dan menarik. Tidak semua orang tahu tentang alat musik tradisional ini termasuk orang luar daerah minahasa serta menurunnya minat anak muda saat ini terhadap kebudayaan tradisional. Tujuan penelitian adalah membuat Augmented Reality musik bambu supaya dikenal oleh siapapun. Metodologi yang digunakan adalah metode waterfall yang bersifat sistematis dan berurutan dalam perancangan sebuah software. Setelah melakukan penelitian dan mengumpulkan beberapa data serta informasi yang diperlukan dalam pembuatan aplikasi pengenalan alat musik bambu, kini aplikasi pengenalan alat musik bambu menggunakan augmented reality ini telah berhasil diselesaikan dengan baik dengan Tingkat keberhasilan jarak scan oleh kamera adalah 10 – 50 cm.

Kata Kunci : Augmented Reality, Android, Blender 3D, Engine  3D, Musik Bambu Minahasa.

 

 

AbstrackBamboo Music is one of Indonesia's unique and attractive cultures. everyone are not Known about this traditional musical instrument including people outside the Minahasa region and the decreasing interest of young people today towards traditional culture. The purpose of the research of making this augmented reality bamboo music game is to introduce it to anyone. The methodology used in this research is Waterfall model, which is systematic and sequential in term of software designing. This introduction application of bamboo musical instrument using augmented reality has been successfully made with a good result with the succes rate of the scan distance between the camera add marker is 10-50 cm.

 

Keywords: Augmented Reality, Android, Blender 3D, Engine  3D, Minahasa Bamboo Music.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35793/jti.14.3.2019.24146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by  Informatics Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado, p-ISSN : 2301-8364 dan e-ISSN : 2685-6131