Game Edukasi Pengenalan Tata Krama Untuk Membentuk Perilaku Pada Anak Berbasis Android

Diana F. Magpal, Rizal Sengkey, Virginia Tulenan

Abstract


Abstrak - Dalam hubungan pergaulan manusia tata krama sangat penting untuk diterapakan dalam lingkungan masyarakat, sekolah, rumah, maupun dimana saja kita berada. Penelitian ini menggunakan pendekatan game untuk membangun media pembelajaran untuk edukasi. Tujuan dibuatnya game edukasi ini adalah mengajarkan dan mengenalkan tata krama yang benar untuk anak. Penelitian ini menggunakan metode perancangan Player Centric Game Design. Metode perancangan yang digunakan dalam game ini memiliki 3 tahapan yaitu tahap konsep, elaborasi, dan tahap tuning. Game ini hanya dapat dijalankan pada platform Android. Berdasarkan hasil  tanya jawab dengan 50 responden siswa sekolah dasar kelas 1-4, yang mampu menjawab benar adalah sebanyak 64% pada evaluasi pertama. Dengan diimplementasikannya pada game ini, terjadi peningkatan sebanyak  97% yang mampu menjawab benar.

                                                                               

Abstrak -; game; game edukasi;  player centric game design; Tata krama.

Abstract – In human relations, manners are very important to use in the community environtment, school, home, and anywhere. This study uses a game approach to build learning media for education. The purpose of this educational game is to teach and introduce good manners to the children. This study uses a design method called Player Centric Game Design. The design method of this game has 3 stages, from the concept stage, elaboration, and the tuning stage. This game can only be run on the Android platform. Based on the questionnaire results from 50 respondents of elementary school students in grades 1-4, they were able to answer correctly 64% at the first evaluation. With the implementation of this game, there has been an increase from 64% to 97% for the right answer.

Keywords - educational game; game centric player design; Manners.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35793/jti.14.3.2019.27135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by  Informatics Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado, p-ISSN : 2301-8364 dan e-ISSN : 2685-6131