Membuat Game Pendidikan 3D namun Game Pendidikan Belum Menjadi Pemikat bagi Pelajar

Brave A. Sugiarso, Yaulie D.Y. Rindengan, Pingkan A.K. Pratasis

Abstract


Abstrak — Aplikasi Game atau disebut game, biasanya digunakan untuk bersenang-senang, menghilangkan stress dan mengisi waktu luang. Sudah banyak aplikasi dan tutorial pembuatan game tiga dimensi (3D) yang dapat diperoleh dengan mudah. Bagaimanapun juga kebanyakan pengguna game 3D, khususnya anak usia remaja yaitu siswa Sekolah Tingkat Menengah Atas (SMA) juga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tidak tahu dan tidak pernah membuat game. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka melalui Program Kemittraan Masyarakat (PKM), dibuatlah kegiatan pelatihan tentang membuat  game sederhana. Kegiatan ini mengajarkan para siswa untuk dapat menciptakan sebuah aplikasi game. Dalam kegiatan ini dijalankan kuisioner penelitian dengan tujuan untuk melihat bagaimana pengaruh game terhadap pelajar. Metode pembelajaran yang dilakukan adalah ceramah, diskusi, dan mempraktekkan atau mendemontrasikan langsung cara membuat game. Kegiatan ini menjadikan para siswa dapat mengetahui cara membuat game sederhana. Dari sekian alasan ketertarikan bermain game, ternyata Ilmu pengetahuan belum menjadi daya tarik.

 

Kata kunci — Aplikasi game pendidikan; Metode Pembelajaran; Program Kemitraan Masyarakat; Sekolah Menengah Atas Negeri Tujuh Manado; Sekolah Menengah Kejuruan Kristen Getsemani; Tiga dimensi.

 

Abstract —. Game applications or games, are usually used for fun, stress relief and free time. There have been many applications and tutorials for making three dimention (3D) games that can be obtained easily. However, most game users, especially teenagers, namely high school and high school students do not know and have never made a game. To overcome this problem, through the Community Partnership Program (CPP), training activities were made on making simple games. This activity teaches students to be able to create a game application. The learning method used is lecturing, discussion, and practicing or demonstrating directly how to make games. This activity allows students to know how to make simple games. Of all the reasons for interest in playing games, it turns out that science has not become an attraction.

 

Keywords - Educational game application; Gethsemane Christian Vocational High School; Learning methods; Community Partnership Program; Seven State High School in Manado; Three Dimention.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35793/jti.14.4.2019.27654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by  Informatics Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado, p-ISSN : 2301-8364 dan e-ISSN : 2685-6131