Game Based Education : Shorinji Kempo

Gerret Suguru Paruntu, Sumenge Tangkawarouw Godion Kaunang, Virginia Tulenan

Abstract


Perkembangan game sudah sangat pesat dijaman ini sehingga berbagai macam game mulai dikembangkan dengan tujuan masing-masing, salah satunya adalah Game Based Education yang dikembangkan dengan tujuan untuk membuat sebuah media yang dapat menyampaikan informasi pembelajaran secara menarik dan menyenangkan. Beladiri adalah bentuk olahraga yang jarang diimplementasikan kedalam game, padahal beladiri menarik untuk dipelajari dan memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah beladiri Shorinji Kempo. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun media pembelajaran berupa Game Based Education yang dapat menyampaikan pembelajaran secara menarik dan menyenangkan tentang beladiri Shorinji Kempo menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle. Dari hasil evaluasi penelitian dapat membantu mengenalkan beladiri Shorinji Kempo serta menarik minat masyarakat untuk mempelajari beladiri Shorinji Kempo.

Keywords


Edukasi;Game;Kempo;Multimedia

Full Text:

PDF

References


L. Y. D. Pangau, S. T. G. Kaunang, and A. S. M. Lumenta, “Game Based Education : Pengenalan Peristiwa Sejarah Permesta Di Minahasa,” J. Tek. Inform., vol. 14, no. 2, pp. 203–208, 2019.

O. I. J. Lontoh, V. Tulenan, and S. T. G. Kaunang, “Learning Application of English Subject for Children With Intellectual Disability,” J. Tek. Inform., vol. 14, no. 3, pp. 329–340, 2019.

E. Limbong, V. Tulenan, and Y. D. . Rindengan, “Rancang Bangun Animasi 3 Dimensi Budaya Passiliran,” E-Jurnal Tek. Inform., vol. 10, no. 1, Apr. 2017.

S. T. G. Kaunang and J. M. Pertiwi, “Portray of student preference on E-learning complex course based on gender,” ACM Int. Conf. Proceeding Ser., pp. 23–27, 2019.

E. Handriyantini, “Permainan Edukatif Berbasis (Educational Games) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar,” Konf. dan Temu Nas. Teknol. Inf. dan Komun. untuk Indones., p. 130, 2009.

I. Pamungkas, “Sarana Pendidikan Akhlak Di Pusdiklat Shorinji Kempo Kragilan, Mojosongo, Boyolali Tahun 2019,” Skripsi Progr. S1 Pendidik. Agama Islam Inst. Agama Islam Negeri, 2019.

M. Tjahyadi, A. Sinsuw, V. Tulenan, and S. Sentinuwo, “Prototipe Game Musik Bambu Menggunakan Engine Unity 3D,” E-Jurnal Tek. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 1–6, 2015.

I. Y. Sumendap, V. Tulenan, and S. D. E. Paturusi, “Pembuatan Animasi 3 Dimensi Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (Studi Kasus : Tarian Dana Dana Daerah Gorontalo),” J. Tek. Inform., vol. 14, no. 2, pp. 227–234, 2019.

PERKEMI. (2020, Juni).Sejarah Perkemi.[Online].

Available: https://www.perkemi.org/profil/tentang-perkemi

A. C. Luther “Authoring Interactive Multimedia,” San Fransisco: AP Profesional, 1994.




DOI: https://doi.org/10.35793/jti.15.2.2020.29612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by  Informatics Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado, p-ISSN : 2301-8364 dan e-ISSN : 2685-6131