Penerapan Teknologi Augmented Reality Untuk Pengenalan Rumah Adat Bolaang Mongondow

Irsan Pueng, Virginia Tulenan, Xaverius B.N. Najoan

Abstract


Augmented Reality merupakan teknologi yang dapat menampilkan benda-benda virtual ke dalam lingkungan dan waktu nyata. Augmented Reality sejatinya variasi lain dari realitas virtual. Teknologi realitas virtual membenamkan pengguna secara total pada lingkungan sintetis. Ketika masuk dalam dunia buatan itu, kita tidak dapat mengenali lingkungan nyata di sekitarnya. Namun Augmented Reality tidak memisahkan yang nyata dengan virtual, yang terjadi adalah penggabungan antara keduanya pada ruang yang sama. Pada penelitian ini teknologi Augmented Reality akan diterapkan dalam bidang kebudayaan dan bidang ilmu pengetahuan umum untuk memperkenalkan rumah adat Bolaang Mongondow. Metode pada penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle. Aplikasi ini memberikan informasi mengenai bentuk rumah adat, bagian-bagian rumah adat beserta fungsi dan maknanya, bahan dan alat yang digunakan untuk membangun rumah adat agar supaya dapat dimanfaatkan oleh pengguna, serta marker sebagai objek nyata yang akan menampilkan animasi tiga dimensi bergerak di perangkat android yang merupakan objek dari dunia virtual serta ditambahkan pada lingkup dunia nyata agar lebih menarik. Objek tersebut dibuat melalui aplikasi pengolahan objek tiga dimensi yaitu Google SketchUp yang digunakan oleh penulis. Untuk tools yang digunakan terdapat Unity 3D. Kemudian untuk tools Augmented Reality penulis menggunakan Vuforia SDK agar aplikasi dapat dapat dijalankan pada smarphone android. Dalam pembuatannya penulis menerapkan unsur-unsur menarik pada marker sehingga dapat membuat pengguna tertarik untuk mengenal budaya Bolaang Mongondow khususnya rumah adat Bolaang Mongondow serta tetap melestarikan budaya tersebut. Setelah seluruh objek mengenai rumah adat tiga dimensi yang berisi informasi telah sesuai akan disatukan menjadi suatu aplikasi Augmented Reality. Hasil aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh banyak orang terutama sebagai media interaktif dan juga dapat digunakan sebagai media tambahan dalam mengenalkan rumah adat dengan cara baru dan informatif.

 

Kata kunci : Android, Augmented Reality, Marker, Tools.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35793/jti.15.4.2020.30413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by  Informatics Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado, p-ISSN : 2301-8364 dan e-ISSN : 2685-6131