Pengembangan Aplikasi Marble
Abstract
Abstrak – Sekolah Minggu merupakan pendidikan non-formal yang diterapkan di dalam komunitas gereja Kristen untuk mengajarkan agama bagi jemaat kategori anak-anak. Karena perkembangan teknologi saat ini semakin hari semakin pesat maka masalah yang dihadapi oleh Guru Sekolah Minggu (GSM) dalam menyajikan cerita adalah terkadang kekurangan alat peraga. Aplikasi MARBLE ini sebelumnya sudah pernah dibuat karena itu dibuatlah sebuah pengembangan aplikasi MARBLE (Magic Augmented Reality Bible) yang merupakan sebuah aplikasi media pembelajaran dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) untuk membantu proses menyajikan cerita pengenalan hewan yang terdapat di dalam Alkitab. Metodologi pengembangan sistem perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), software yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini yaitu Blender 3D, dan Unity 3D. Penelitian ini menghasilkan sebuah pengembangan aplikasi dari aplikasi yang sudah pernah dibuat sebelumnya yaitu aplikasi Marble (Magic Augmented Reality Bible) yang dapat membantu Guru Sekolah Minggu dalam memperkenalkan hewan ciptaan Tuhan yang ada di air, darat dan udara serta membantu Anak Sekolah Minggu dalam mengenal hewan yang telah diciptakan Tuhan. Berdasarkan beta testing sebanyak 93,5% responden sudah mengetahui teknologi Augmented Reality dan 87,1% responden menjawab aplikasi ini bermanfaat bagi pengguna.
Kata Kunci: Android, Augmented Reality, Blender 3D, Marble, Multimedia Development Live Cycle, Unity 3D
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35793/jti.16.4.2021.34250
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.