Aplikasi animasi interaktif: Asam-Basa

Deniels Lomboan, Brave A. Sugiarso, Virginia Tulenan

Abstract


Abstract — Education is an effort made to prepare students to achieve the future which is usually done through guidance, teaching, and training activities. However, even though the times are increasingly advanced and technology is developing, the learning carried out in schools is still mostly limited to using textbooks. Even in the current state of the COVID-19 pandemic, most teachers continue to use textbooks as a learning method. In fact, with technological advances, the material contained in textbooks can be digitized into interactive animation applications that facilitate learning. The purpose of this research is to create an android-based interactive animation application for acid-base learning. This research uses the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) software development method. The application has been successfully created and contains interactive animation material on the properties and equilibrium of ions in an acid-base solution. From this research, it can be concluded that the application of interactive acid-base animation can attract and increase students' interest in learning chemistry.

Keywords: Interactive Animation, Acid-Base, Ionic Equilibrium, and Multimedia Development Life Cycle

 

Abstrak Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan untuk menyiapkan siswa-siswi untuk mencapai masa depan yang biasanya dilakukan melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan. Namun meskipun zaman semakin maju dan teknologi semakin berkembang pembelajaran yang dilakukan di sekolah-sekolah kebanyakan masih terbatas menggunakan buku teks. Bahkan pada kondisi pandemic covid-19 seperti sekarang ini sebagian besar guru tetap menggunakan bukut teks sebagai metode pembelajaran. Padahal dengan kemajuan teknologi materi yang terdapat pada buku teks bisa di digitalisasi menjadi aplikasi animasi interaktif yang memudahkan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi animasi interaktif pembelajaran asam-basa berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan software MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Aplikasi telah berhasil dibuat dan berisi materi animasi interaktif sifat dan kesetimbangan ion dalam larutan asam-basa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi animasi interaktif asam-basa dapat menarik dan meningkatkan minat siswa dalam belajar kimia.

                Kata KunciAnimasi Interaktif, Asam-Basa, Kesetimbangan Ion, dan Multimedia Development Life Cycle


Keywords


Interactive Animation, Acid-Base, Ionic Equilibrium, and Multimedia Development Life Cycle

Full Text:

PDF

References


O. Hamalik, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

S. Sulthon, “Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI,” Elem. Islam. Teach. J., vol. 4, no. 1, 2017, doi: 10.21043/elementary.v4i1.1969.

D. Valasta et al., “Pembuatan Animasi 2D Interaktif Pembelajaran Sel Pada Makhluk Hidup,” pp. 1–9.

M. F. S, S. Tangkawarouw, G. Kaunan, and V. Tulenan, “Identifying the Mindset of Elementary School Children Using Learning Application : Kebersihan,” vol. 10, no. 1, pp. 53–60, 2021.

L. C. Lendeng, B. A. Sugiarso, and A. M. Rumagit, “Interactive Learning based on Animation in Petroleum Subject for Grade XI Senior High,” J. Tek. Elektro Dn Komput., vol. 16, no. 2, pp. 183–192, 2021.

M. Setiawan, A. S. . Lumenta, and V. Tulenan, “Aplikasi Pembelajaran Jarimatika Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Pendidikan Sekolah Dasar,” J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 6, no. 4, pp. 194–204, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.polsky.ac.id/index.php/tips/article/view/111.

Y. Rasyid, B. Sugiarso, and A. Rumangit, “Interactive Animation Learning of Animal and,” vol. 16, no. 2, pp. 175–182, 2021.

M. F. Tamara, V. Tulenan, S. Paturusi, T. Elektro, U. Sam, and J. K. B. Manado, “Aplikasi Pembelajaran Interaktif Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Sekolah Dasar,” J. Tek. Inform., vol. 14, no. 3, pp. 377–386, 2019, doi: 10.35793/jti.14.3.2019.27132.

H. Sugiarto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. Vol.3 No.1, no. 1, pp. 26–31, 2018.

B. Pratiwi and H. Herlawati, “Animasi Interaktif Pengenalan Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Pada SD Widya Bhakti Bekasi,” Bina Insa. ICT J., vol. 2, no. 1, pp. 15–32, 2015.

U. Sudarmo, KIMIA, UNTUK SMA/MA KELAS XI. Surakarta: Erlangga, 2013.

D. Indriana, Ragam alat bantu media pengajaran : mengenal, merancang dan mempraktikkannya. Yogyakarta: DIVA Press, 2011.

D. Tarigan and S. Siagian, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi,” J. Teknol. Inf. Komun. Dalam Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 187–200, 2015, doi: 10.24114/jtikp.v2i2.3295.

Fatkhulamien, “MENGENAL UNITY 3D GAME ENGINE BESERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA,” Indonesia, 2019. https://www.unisbank.ac.id/v2/berita-fti/mengenal-unity-3d-game-engine-beserta-kelebihan-dan-kekurangannya/.

F. Novitasari, Y. Djahir, and S. Fatimah, “Pengaruh Media Adobe Illustrator Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Srijaya Negara,” J. Profit, vol. 2, no. 1, pp. 59–66, 2013, [Online]. Available: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5535/2974.

Dicoding Intern, “Apa itu UML?,” website, 2021. https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-uml/ (accessed Nov. 09, 2021).

T. Serba serbi, “Aplikasi Bluestacks : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, Fitur, dan Cara Downloadnya,” 2020. https://idcloudhost.com/aplikasi-bluestacks-pengertian-fungsi-keunggulan-fitur-dan-cara-downloadnya/ (accessed Nov. 09, 2021).

G. S. Paruntu, S. Tangkawarouw, G. Kaunang, and V. Tulenan, “Game Based Education : Shorinji Kempo,” J. Tek. Inform., vol. 15, no. 2, pp. 127–136, 2020.




DOI: https://doi.org/10.35793/jti.17.2.2022.36425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by  Informatics Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado, p-ISSN : 2301-8364 dan e-ISSN : 2685-6131