ANALISIS PENGARUH COSTUMER RELATIONSHIP MARKETING, NILAI NASABAH DAN KEUNGGULAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) KANWIL V MANADO

Indah Umar

Abstract


Customer relationship management, nilai nasabah dan keunggulan produk yang baik adalah aset yang sangat berharga untuk menghasilkan konsumen yang loyal terhadap produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer relationship management, nilai nasabah dan keunggulan produk terhadap loyalitas nasabah PT. Pegadaian (Persero) Kanwil V Manado. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan asosiatif dan teknik analisis menggunakan regresi linear berganda. 100 responden yang merupakan nasabah PT. Pegadaian (Persero) Kanwil V Manado. Hasil penelitian menunjukan secara simultan customer relationship management, nilai nasabah dan keunggulan produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Secara parsial customer relationship management dan nilai nasabah berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan keunggulan produk tidak memiliki pengaruh yang signifikan.


Keywords


Customer Relationship Management ; Nilai Nasabah ; Keunggula Produk ; Loyalitas Nasabah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.