PENDEKATAN TARGET COSTING SEBAGAI ALAT PENILAIAN EFISIENSI PRODUKSI PADA UD. CINTA KASIH

Garry Gregory Sumangkut

Abstract


Dewasa ini persaingan bisnis semakin kompetitif. Akuntan manajemen perlu memahami dan mengikuti setiap aktivitas dari masing-masing fungsi manajemen dalam perusahaan, salah satunya adalah berkaitan dengan penentuan harga jual agar dapat membantu para pimpinan perusahaan dalam pembuatan keputusan. Hal ini perlu diperhatikan karena dengan adanya persaingan yang semakin ketat dan kompetitif sehingga membuat penetapan harga jual produk bukan hal gampang. Harga jual kerap ditentukan oleh pasar, sehingga harga pasar digunakan untuk menentukan target biaya yang diselaraskan dengan biaya-biaya yang telah dikeluarkan dalam produksi yang dikenal dengan masalah target costing. Target costing merupakan penentuan biaya maksimum yang dimungkinkan bagi pembuatan sebuah produk dan kemudian merancang prototipe yang menguntungkan dengan kendala biaya maksimum yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa bagaimana pendekatan target costing dapat dijadikan sebagai alat penilaian efisiensi dalam proses produksi pada UD. Cinta Kasih. UD. Cinta Kasih adalah usaha yang bergerak di bidang kuliner dan beralamat di Perumahan Manado Griya Indah Blok B67 Kairagi, Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan belum dapat memaksimalkan laba yang diharapkan, dikarenakan biaya – biaya yang dikeluarkan terlalu besar. Dengan adanya target costing perusahaan dapat memaksimalkan laba dengan cara meminimalkan biaya – biaya.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.