EVALUASI PELAKSANAAN PEKERJAAN TERHADAP KINERJA GURU SERTIFIKASI PADA SMP KATOLIK HATI KUDUS KAROMBASAN MANADO
Abstract
Tujuan penelitian menganalisis pengaruh kinerja guru terhadap pelaksanaan pekerjaan di SMP Katolik Hati Kudus Karombasan. Metode penelitian kualitatif, di SMP Katolik Hati Kudus Karombasan Manado. bulan April 2016. Populasi: pimpinan, guru, serta murid. Informan penelitian pimpinan 1 orang, guru 2 orang, siswa 2 orang. Analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian evaluasi pelaksanaan pekerjaan terhadap kinerja guru sertifikasi dilihat dari empat kompetensi utama yaitu kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial guru tersebut telah melakukan pekerjaan dengan baik dan sesuai standar pendidikan nasional. Evaluasi pelaksanaan pekerjaan guru sertifikasi telah memenuhi standar pelaksanaan tugas tambahan pada beban kerja guru yaitu memenuhi minimal tatap muka minimal dan maksimal yang disyaratkan dalam undang-undang dan ketentuan yang berlaku, serta memenuhi standar minimal tatap muka untuk guru sertifikasi. Kinerja guru sertifikasi lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan pembelajaran, lebih berani dalam mengambil risiko, mampu menetapkan tujuan mengajar, mampu menetapkan rencana kerja, mampu menerima saran dan kritik, serta cerdas dalam mencari peluang merealisasikan rencana. Saran: guru yang sudah disertifikasi agar terus mempertahankan kinerja dan terus meningkatkan kinerja yang ada sehingga lebih baik. Untuk pemerintah sebagai user agar pencairan tunjangan sertifikasi dapat dilakukan setiap bulan. Dari sisi guru perlu ada peningkatan kompetensi dengan mengikuti pelatihan dan terus mengikuti informasi tentang metode pembelajaran terkini yang efektif untuk meningkatkan kemampuan belajar dan memahami mata pelajaran yang diajarkan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.