ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHA COFFEE SHOP DI KOTA DEPOK

Benjamin G. Rorie, Ita Pingkan F. Rorong, Krest D. Tolosang

Abstract


Pembangunan nasional menempatkan manusia sebagai titik sentral sehingga mempunyai ciri-ciri dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Coffee Shop merupakan salah satu usaha UMKM yang turut ambil andil dalam mendrongkrak perekonomian daerah dimana seperti yang di ketahui minum kopi telah menjadi tren gaya hidup kosmopolitan. Fenomena global ini dapat dilihat di mancanegara, termasuk indonesia. Kebiasaan berbincang di kafe sebenarnya sudah lama menjadi kebiasaan orang Prancis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Modal Usaha, Jumlah Tenaga Kerja, Lama Usaha dan Biaya Promosi terhadap Pendapatan Usaha Coffee Shop Di Kota Depok. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat di tarik beberapa kesimpulan sebagai berikut: Secara parsial variabel Modal Usaha memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Pendapatan Usaha Coffee Shop di Kota Depok, Secara parsial variabel Tenaga Kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan secara statistik terhadap Pendapatan usaha coffee shop di Kota Depok, Secara parsial variabel Lama Usaha tidak memiliki pengaruh secara statistik terhadap Pendapatan usaha coffee shop di Kota Depok, Secara parsial variabel Biaya Promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan secara statistik terhadap Pendapatan usaha coffee shop di Kota Depok dan Secara simultan variabel Modal Usaha,Tenaga Kerja, Lama Usaha dan Biaya promosi secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan usaha coffee shop di Kota Depok.


Keywords


Pendapatan Usaha; Modal Usaha; Jumlah Tenaga Kerja; Lama Usaha; Biaya Promosi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.