Analisis Pelaksanaan Standar Sasaran Keselamatan Pasien di Unit Gawat Darurat RSUD Dr. Sam Ratulangi Tondano Sesuai dengan Akreditasi Rumah Sakit Versi 2012

Angelia W. Keles

Abstract


Abstrak

 

Rumah sakit merupakan layanan jasa yang memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat.  Rumah sakit merupakan tempat yang sangat kompleks yang terdapat berbagai macam obat, tes dan prosedur, banyak alat dengan teknologinya, berbagai jenis tenaga profesi dan non profesi yang siap memberikan pelayanan pasien 24 jam terus menerus. Keberagaman dan kerutinan pelayanan tersebut apabila tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan peluang untuk terjadinya kesalahan pelayanan yang dapat berakibat terhadap keselamatan pasien. Sejak berlakunya UU No. 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen dan UU No. 29 tentang Praktik Kedokteran, muncullah berbagai tuntutan hukum kepada dokter dan rumah sakit. Hal ini hanya dapat ditangkal apabila rumah sakit menerapkan sistem keselamatan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana pelaksanaan sasaran keselamatan pasien di Unit Gawat Darurat di RSUD Sam Ratulangi Tondano sesuai dengan standar akreditasi versi 2012. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan identifikasi pasien, pelaksanaan komunikasi efektif, pelaksanaan peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai, pelaksanaan kepastian tepat-lokasi, tepat-prosedur, tepat-pasien operasi sudah sesuai dengan standar akreditasi rumah sakit versi 2012 sedangkan pelaksanaan pengurangan risiko infeksi dan pelaksanaan pengurangan risiko pasien jatuh belum sesuai dengan standar akreditasi rumah sakit versi 2012.

 

Kata Kunci : Akreditasi Rumah Sakit, Standar Sasaran Keselamatan, Pasien .

 

Abstract

Hospitals are services that have an important role to people's lives. The hospital is a very complex place that there are various kinds of drugs, tests and procedures, many tools with technology, various types of professional and non-professional personnel who are ready to provide patient care 24 hours continuously. Diversity and regularity of the service if it is not properly managed can lead to opportunities for service errors that may result to patient safety. Since the enactment of Law No. 8/1999 on Consumer Protection and Law 29 of the Practice of Medicine, came the various lawsuits to doctors and hospitals. This can only be denied if hospitals implement patient safety system. The purpose of this study is to analyze the extent to which the implementation of patient safety goals in the Emergency Unit at hospitals Sam Ratulangi Tondano in accordance with accreditation standards version 2012. Results showed execution patient identification, implementation of effective communication, implementation of security enhancement drugs need to be aware, the implementation of appropriate certainty -location, right-procedure, right-surgery patient is in compliance with accreditation standards pain in the 2012 version while the implementation of the reduction of the risk of infection and the implementation of risk reduction in patients fell not in accordance with the hospital accreditation standard 2012 version.

Keywords : Hospital Accreditation, Standards Target Safety, Patient.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.