Gambaran Analisis Jabatan, Rekrutmen, Seleksi, Penempatan Dan Promosi Pegawai Pada Jabatan Struktural Dinas Kesehatan Kota Gorontalo Tahun 2014
Abstract
Abstrak
Faktor-faktor yang menghambat dalam penerapan analisis jabatan meliputi terbatasnya kewenangan yang dimiliki dan adanya keterikatan dengan Badan Kepegawaian Daerah, serta tidak adanya sinkronisasi antar kedua lembaga tersebut, yang memungkinkan penempatan pegawai tidak memenuhi kualifikasi yang diharapkan. Selain itu adanya intervensi dari pemegang otoritas dengan tim Baperjakat sehingga menghasilkan keputusan yang tidak sejalan dengan penerapan analisis jabatan serta masih kuatnya ikatan primordial sehingga pengangkatan dalam jabatan kurang objektif. Tujuan yang ingi dicapai dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi dan gambaran tentang proses pelaksanaan analisis jabatan rekrutmen, seleksi, penempatan dan promosi pejabat pada Dinas Kesehatan Kota Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan Proses penetapan analisis jabatan pada Dinas Kesehatan Kota Gorontalo telah dilaksanakan, proses penetapan persyaratan jabatan pada Dinas Kesehatan Kota Gorontalo belum sepenuhnya dilaksanakan, proses rekrutmen pada Dinas Kesehatan Kota Gorontalo lebih mengutamakan persyaratan administrasi kepegawaian, proses seleksi calon pejabat pada Dinas Kesehatan Kota Gorontalo belum sepenuhnya memenuhi kriteria normatif, proses penempatan dan promosi pegawai pada Dinas Kesehatan Kota Gorontalo belum sepenuhnya memenuhi kriteria normatif
Kata Kunci : Analisis Jabatan, Persyaratan Jabatan, Rekrutmen,
Abstract
Factors that hinder the application of job analysis include the limited authority possessed and attachment with the Regional Employment Board, as well as the lack of synchronization between the two institutions, which allows placement of the employee is not qualified to be expected. In addition, the intervention of the authorities with the team Baperjakat resulting in decisions that are not consistent with the application of job analysis as well as the strength of primordial ties that appointment in office less objective. The purpose of intending reached from this study is to obtain information and an overview of the implementation process of job analysis of recruitment, selection, placement and promotion of officials at the City Health Office of Gorontalo. The results showed the determination of the job analysis process at the Department of Health Gorontalo City been implemented, the process of defining the requirements of the post in Gorontalo City Health Department has not fully implemented, the process of recruitment in Gorontalo City Health Department personnel administration prioritizes requirements, the candidate selection process at the Department of Health officials Gorontalo not fully meet the normative criteria, the placement and promotion of employees in Gorontalo City Health Department has not fully meet the normative criteria.
Keywords : Job Analysis, The Requirements Of The Post, Recruitment
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.