HUBUNGAN POLA KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA SEKOLAH DI SD GMIM LELEMA KECAMATAN TUMPAAN KABUPATEN MINAHASA SELATAN

Regina Mega Suoth, Amatus Yudi Ismanto, Yolanda Bataha

Abstract


Abstract : The essence of self becomes an important aspect in human life. Children who have
confidence will able and able to learn and positively relate to others. Children talking about
shelf -confidence can make serios problems in children’s schools caused by many things that
use computers because of lack of communication. The purpose of the research is to know
relation of commucation patterns with self confidencein in SD GMIM Lelema, The design of
this study with cross sectional. Samples in this study approach of this method of total sampling
of 47 students. The Result of the Research show functional communication pattern 40
respondent with good self confidence respondent. Chi -square test result show relation pattern
of family communication with trust self-aged V-VI school age children in SD GMIM Lelema
where p value = 0,000 is less than (α= 0,05), the family should be able to commicate
appropriately to children and families further improve the development and growth of the
school-age children.
Keywords: Family communication pattern, Confidence, School age children

Abstrak : Kepercayaan diri merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia. Anak yang
memiliki kepercayaan diri akan bisa dan mampu belajar serta bersikap positif berhubungan
dengan orang lain. Kepercayan diri dapat dilatih sejak dini didalam keluarga melalui
hubungan komunikasi antar anggota keluarga. Anak yang mengalami krisis terhadap
kepercayaan diri hal ini dapat menjadikan problem yang serius dikalangan anak sekolah yang
dipengaruhi oleh banyak hal salah satunya situasi didalam keluarga karena komunikasi yang
kurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola komunikasi dengan
kepercayaan diri anak di SD GMIM Lelema. Desain penelitian ini dengan pendekatan cross
sectional. Sampel dalam penelitian ini total sampling 47 siswa. Hasil penelitian menunjukan
pola komunikasi fungsional 40 responden dengan kepercayaan diri baik 40 responden. Hasil
uji Chi-square menunjukan ada hubungan pola komunikasi keluarga dengan kepercayaan diri
anak usia sekolah kelas V-VI di SD GMIM Lelema dimana nilai p value = 0,000 lebih kecil
dari α= 0,05. Simpulan penelitian ini keluarga harus mampu melakukan komunikasi secara
tepat kepada anak-anak dan keluarga lebih meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan
anak usia sekolah.
Kata Kunci: Pola komunikasi keluarga, Kepercayaan diri anak usia sekolah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35790/jkp.v6i1.19487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Publisher:

Program Studi Ilmu Keperawatan
Fakultas Kedokteran
Universitas Sam Ratulangi

 

View My Stats