FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG INTERNA RSUD NOONGAN
Abstract
Abstract: Patient’s satisfaction is influenced by any factors, in this case the characteristic of patient. Purpose: at the factors that related to the inpatient’s level of satisfaction to the service of nursing in Interna’s room of Noongan Hospital. Technique research: research was conducted by cross-sectional method with purposive sampling in choosing sample. The number of sample is 100 respondents. Independent variable included gender, age, time of nursing and patient’s satisfaction. The data were collected by using patient’s level of satisfaction and observation sheet. Technique in analyzing the data used chi square in level of significance 95 % (α 0,05). The result: research showed that respondent with highest result was female (53 %), age > 40 years old (73%), time of nursing 2-6 days (78%), and most respondents satisfied with the nursing service (73%). The result of statistical test was there was a relationship between gender and patient’s level of satisfaction where p value = 0,005 < α=0,05, there was no relationship between age and patient’s level of satisfaction where p value = 0,539 < α=0,05, there was relationship between the time of nursing and patient’s level of satisfaction where p value = 0,016 < α=0,05. Suggestion: For nurse, it was expected can develop the quality of the service of nursing by put the attention of the characteristics of patient. Keywords : Characteristics, patient’s satisfaction, nursing service. Abstrak: Kepuasan pasien dipengaruhi oleh berbagai faktor. Dalam hal ini adalah karakteristik pasien yang merupakan penentu prioritas indikator kualitas pelayanan kesehatan dan penentu prioritas tingkat kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan keperawatan di ruang Interna RSUD Noongan. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode cross sectional, pemilihan sampel dengan purposive sampling. Jumlah sampel yang ditemukan 100 responden. Teknik analisa data menggunakan uji chi square pada tingkat kemaknaan 95% (α=0,05). Hasil penelitian didapatkan bahwa responden dengan hasil tertinggi adalah pasien berjenis kelamin perempuan (53%), umur > 40 tahun (73%), lama perawatan 2-6 hari (78%), dan sebagian besar responden puas terhadap pelayanan keperawatan (73%). Hasil uji statistik adalah ada hubungan antara jenis kelamin dengan tingkat kepuasan pasien dimana p value = 0,005 < α=0,05, tidak ada hubungan antara umur dengan tingkat kepuasan pasien dimana p value = 0,539 < α=0,05, ada hubungan antara lama perawatan dengan tingkat kepuasan pasien dimana p value = 0,016 < α=0,05. Sehingga jenis kelamin dan lama perawatan merupakan faktor yang berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien. Bagi perawat diharapkan dapat meningkatkan mutu layanan keperawatan, dengan memperhatikan karakteristik pasien. Kata kunci :Karakteristik, kepuasan pasien, pelayanan keperawatan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35790/jkp.v2i2.5220
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher:
Program Studi Ilmu Keperawatan
Fakultas Kedokteran
Universitas Sam Ratulangi